Sabtu, 09 Juni 2012

Target MAWAR dalam PEMIRA UPN 2012

Rapat Partai Mahasiswa Revolusi 1 Juni 2012 memutuskan bahwa Partai Mawar akan mengirimkan kadernya untuk bertarung di tiga lini dalam PEMIRA UPN 2012.

Tiga lini ini secara rinci yaitu : Dewan Perwakilan Mahasiswa (DPM) untuk daerah pemilihan (Dapil) Teknik Lingkungan dengan mengusung dua calon anggota DPM, Senat Mahasiswa Fakultas Teknologi Mineral (SNFTM) untuk Dapil FTM dengan mengusung satu calon Ketua SNFTM dan Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Keluarga Mahasiswa (KM) UPN "Veteran" Yogyakarta dengan mengusung satu calon Presiden Mahasiswa BEM KM UPN "Veteran" Yogyakarta.

Keputusan Partai MAWAR ini direalisasikan/dimulai dengan pendaftaran calon-calon yang diusung Partai Mawar di tiga lini tersebut.  Selasa (7/Juni) Partai MAWAR telah mendaftarkan empat orang kadernya ke Komisi Pemilihan Umum Universitas di Ruang BEM KM UPN "Veteran" Yogyakarta dan menyerahkan semua berkas yang diperlukan kepada petugas KPUM.

Keputusan ini tidak hanya bertujuan untuk memenangkan PEMIRA di setiap lini yang diikuti Partai MAWAR, tetapi lebih jauh lagi Partai MAWAR mempunyai misi untuk meningkatkan partisipasi politis mahasiswa-mahasiswi UPN yang diimplementasikan dengan partisipasi mahahasiswa-mahasiswi dalam PEMIRA Mahasiswa UPN 2012.

Partisipasi politis mahasiswa-mahasiswi UPN ini terutama diwujudkan dengan penggunaan Hak Pilih dalam PEMIRA UPN 2012. Partisipasi lainnya yaitu dimana mahasiswa-mahasiswi UPN terlibat dan mengikuti secara pro-aktif seluruh rangkaian acara PEMIRA UPN 2012.

Lebih jauh lagi, dengan adanya partisipasi politis ini diharapkan dapat memunculkan kesadaran politis mahasiswa-mahasiswi UPN yang belakangan cenderung memudar.

Bagi Partai MAWAR, memenangkan PEMIRA saja bukanlah suatu hal yang membanggakan. Dari PEMIRA ini haruslah ada nilai positif yang berefek jangka panjang yang diperoleh KM UPN "Veteran" Yogyakarta dan mahasiswa-mahasiswi secara keseluruhan.

Peningkatan kesadaran politis dan partisipasi politis bagi mahasiswa-mahasiswi UPN sudah sangat mendesak. Hal ini mengingat setelah euforia Reformasi 1998 berlalu, kesadaran politis dan partisipasi politis mahasiswa-mahasiswi UPN menunjukkan grafik penurunan terus menerus.

Betapa pentingnya mahasiswa-mahasiswi UPN memiliki kesadaran politis, sehingga Partai MAWAR dapat menggambarkan seperti ini ; bahwa dengan adanya kesadaran politis lah mahasiswa-mahasiswi UPN akan menyadari Hak dan Kewajibannya secara politis sebagai kaum intelektual. Bahwa dengan dimulai dari kesadaran politis lah mahasiswa akan dapat memperjuangkan hak-haknya di kampus, bahwa dengan kesadaran politis yang baik lah mahasiswa/i UPN akan mulai berorganiasi dan tahu kemana arah yang ingin dicapainya dalam organisasi dan bidang kehidupan kampus yang lain.  

Secara singkat, hal inilah yang akan dan ingin dicapai oleh Partai MAWAR dalam PEMIRA Mahasiswa UPN 2012 ini. (Departemen Propoganda, Perluasan dan Mobilisasi Massa Partai MAWAR)

Tidak ada komentar: